Candi Gedong Songo



Candi Gedong Songo adalah candi yang terletak di daerah Ungaran Kabupaten semarang
Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, Kata Gedong sendiri berarti bangunan dan songo berarti sembilan sehingga kurang lebih berarti candi yang berjumlah sembilan. Pada awalnya disebut Gedong Pitoe karena pertama kali ditemukan oleh Rafles hanya terdiri dari tujuh bangunan candi. Namun kemudian ditemukan dua candi lagi walaupun dalam keadaan tidak utuh. Candi-candi yang terletak di Gunung Ungaran ini diyakini sebagai Candi Hindu dengan ditemukannya arca-arca Hindu yang terletak didalam dan disekitar lokasi candi. Diantaranya dengan ditemukannya arca Ciwa Mahadewa, Ciwa Mahaguru, Ganeca, Durga Mahisasura Mardhini, Nandi Swara, Mahakala dan Yoni yang ada di bilik candi. Keistimewaan yang lain dari Candi Gedong Songo adalah terletak pada arca gajah dalam posisi jongkok di kaki Candi Gedong III, dan Yoni dalam bentuk persegi panjang pada bilik Candi Gedong I.
Candi Gedong Songo tidak hanya menawarkan wisata sejarah, namun juga menawarkan wisata keindahan alam juga wisata olah raga. Candi yang terletak di ketinggian Gunung Ungaran ini memang menampilkan pesona alam yang luar biasa karena lokasinya yang terletak di ketinggian gunung.Selepas gerbang masuk Candi, berjalan sedikit ke atas sudah terlihat lokasi candi pertama yang merupakan candi yang terletak di lokasi yang paling bawah.
Candi Gedong songo adalah candi yang terdiri dari 9 buah yang terletak di daerah Ungaran Kabupaten Semarang
Bersamaan dengan itu biasanya ada orang yang akan mengikuti kita untuk menawarkan jasa menunggang kuda. Jadi apabila tidak ingin terlalu capai bisa naik kuda dan dikenakan biaya Rp. 40,000,- per kuda untuk mengitari seluruh areal candi. Setelah Candi demi Candi dilalui, sampailah kita pada lokasi candi yang keempat. Di depan lokasi candi keempat terdapat lapangan yang cukup luas, kurang lebih dua kali lapangan sepakbola dan datar yang biasanya dipakai untuk bermain sepakbola oleh warga setempat atau juga berkemah buat para pengunjung. Diantara lokasi candi ketiga dan keempat terdapat sumber air panas alam dimana juga disediakan tempat mandi dengan tempat tertutup, sehingga buat yang mau menikmati sumber air panas bisa meluangkan waktu untuk mandi.
Lokasi candi yang kelima merupakan lokasi candi terakhir dan tertinggi. Begitu memasuki pelatarannya, kita bisa bebas memandang ke bawah, bahkan kalau cuaca sedang cerah berturut-turut bisa kita lihat dari sisi selatan candi, yaitu Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Merapi. Berlama-lama duduk di lokasi candi yang kelima ini memang sangat mengasyikkan, Apabila kita ingin melanjutkan ke 4 buah Candi selanjutnya, kita tidak akan dapat menemukannya karena candi-candi tersebut sudah tidak utuh alias hanya berupa batu-batuan yang terlihat semacam situs

0 comments:

Post a Comment